Rumah konsep pesanstren

Duta Maritim Kampanye Dukung RUU Daerah Kepulauan dan Kawasan Tanpa Rokok

- Agustus 15, 2022




Jakarta -- Sebanyak 44 Duta Maritim Indonesia (DMI) Aspeksindo melakukan kampanye mendukung pengesahan RUU Daerah Kepulauan. DMI yang merupakan perwakilan dari 34 provinsi ini juga menyuarakan dukungan terhadap Kawasan Tanpa Rokok. Menarik, DMI menggelar kampanye ini dalam bentuk Sarinah Fashion Week di lokasi Car Free Day (CFD) Jakarta, Minggu (14/08/2022).


Dalam kesempatan itu, para peserta melakukan _catwalk_ di perempatan Sarinah dengan membawa puluhan replika berisi ajakan hidup sehat tanpa rokok. Selain merusak kesehatan, puntung rokok yang dibuang sembarangan juga mengotori lingkungan dan mencemari laut.


Koordinator kegiatan ini, Muhammad Ridha mengajak masyarakat lebih peduli terhadap isu maritim. Ia menyatakan, disahkannya RUU Daerah Kepulauan merupakan angin segar bagi kemajuan wilayah pesisir dan kepulauan.


"Kami juga mengkampanyekan dukungan terhadap Perda KTR, Revisi PP 109 Tahun 2012 serta pelarangan total iklan, promosi, dan _sponsorship_ rokok. Kami berharap generasi muda maritim mampu menjadi pemuda yang memiliki kreativitas tinggi dan unggul di era bonus demografi ini," ungkap Ridha.


Ridha menambahkan, tidak adanya pengendalian terhadap produk rokok menimbulkan berbagai kerusakan. Misalnya, lahirnya generasi disabilitas karena berbagai macam penyakit yang ditimbulkan oleh produk rokok.


"Puntung rokok juga sangat mengotori lingkungan dan mencemari laut. Selain mengganggu keindahan laut, puntung rokok juga berakibat pada berkurangnya gizi hasil tangkapan laut," tambahnya. 



Duta Maritim asal Provinsi Lampung, Ana Ahadiyah menambahkan, kampanye tersebut merupakan awal. Gadis asal Kabupaten Tanggamus, Lampung ini berkomitmen melanjutkan ajakan itu di daerahnya setalah selesai mengikuti Sekolah Duta Maritim Indonesia yang dihelat Aspeksindo.


"Kita akan terus bergerak di daerah masing-masing. Ini demi kebaikan generasi mendatang," tegas buah hati pasangan Agus Suparno dan Ratnawiyah ini. []

Advertisement


EmoticonEmoticon

This Newest Prev Post
 

Start typing and press Enter to search