Kuatkan Dakwah, Forjim Gelar Pelatihan Jurnalistik Keempat



JAKARTA –Forum Jurnalis Muslim (Forjim) kembali menggelar Pelatihan Jurnalistik Dakwah One Masjid One Journalist (OMOJ) di Masjid Jenderal Sudirman World Trade Centre (WTC) Jakarta Selatan, Sabtu-Ahad (8-9/9/2018).

Sebanyak 25 peserta yang berasal dari utusan masjid di Jakarta, Depok, Bogor, Bekasi, Tangerang, dan Purwakarta mengikuti pelatihan ini. Pelatihan ini merupakan angkatan ke empat. Sebelumnya Forjim menggelar Pelatihan OMOJ di Jakarta Timur, Bandung, dan Lombok.

Menurut Ketua Panitia, Ahmad Zuhdi pada pelatihan kali ini fokus pada teknik membuat video jurnalistik dakwah. Diharapkan setelah dari pelatihan ini, para peserta bisa menjadi kader jurnalis masjid yang mampu mendokumentasikan kegiatan masjid.

“Selain itu juga menjadi jejaring atau penyuplai informasi umat guna keperluan dakwah Islam,” ujar Zuhdi. 

Pada kesempatan selama dua hari, para peserta mendapat berbagai materi seperti urgensi dakwah media, teknik wawancara dan menulis berita,  teknik membuat video dokumenter, serta proses pembuatan video melalui smartphone.

Setelah ini, Forjim akan menggelar kembali Pelatihan OMOJ di beberapa kota. “Insyaallah dalam waktu dekat kami akhir September diadakan di Bogor untuk angkatan kelima, pertengahan Oktober di Tasikmalaya untuk angkatan ke enam,” ungkap Zuhdi.

Menurut Zuhdi, banyak sekali masjid-masjid di daerah yang berminat menyelenggarakan Pelatihan Jurnalistik Dakwah OMOJ. “Bekasi, Yogyakarta, Semarang, Cikampek meminta kami untuk menggelar pelatihan jurnalistik dakwah. Mudah-mudahan bisa terlaksana,” jelas wartawan media online Warta Pilihan.

Pelatihan Jurnalistik Dakwah OMOJ angkatan empat ini didukung berbagai pihak, seperti DKM Masjid Jenderal Sudirman WTC, Persaudaraan Muslimin Indonesia (Parmusi), Chanel Muslim, Lazis Wahdah, serta Aksi Cepat Tanggap (ACT).*
Diberdayakan oleh Blogger.