Pertama Kali Ceramahnya Ramai, Ini Komentar Kocak Ibunda Ust Abdul Somad



Ustadz Abdul Somad Lc MA mengisahkan satu sejarah bermakna sekaligus mengundang tawa. Kisahnya, Ibunda ustadz kondang ini menyampaikan komentar bernada lucu saat ceramah anaknya ramai untuk pertama kalinya.




"Pertama saya ceramah ramai, emak saya waktu itu ikut. Pulang ceramah dia bisiki, 'Kau sudah punya jin?'" kata Ustadz Abdul Somad dalam dialog Fakta TV One, Senin (10/9/18) malam.

Sang ibu berpikir, ramainya orang menghadiri ceramah Ustadz Somad lantaran adanya jin yang biasa dipakai untuk mengundang orang.

Sang Ustadz tertawa, lalu menjelaskan bahwa dirinya tidak menggunakan jin. Sebab bekerja sama dengan jin termasuk dalam hal kesyirikan.

"Enggak. Disangkanya saya pakai jin untuk menarik orang." terang Ustadz Somad, presenter pun ikut tersenyum.

Rendah Hati


Ustadz Somad mengaku tidak mengetahui alasan di balik ramainya ceramah. Diketahui, di mana pun Ustadz Somad diundang untuk berbicara dalam Tabligh Akbar, ribuan umat Islam hadir untuk mendengarkan tausyiah dari lulusan Universitas Al-Azhar Kairo Mesir ini.




"Saya bingung kenapa ramai. Wallahu a'lam. Saya tak tahu." lanjut Ustadz Somad.

Jawaban Dosen Psikologi


Untuk mengetahui alasannya, Ustadz Somad pun bertanya kepada salah satu dosen psikologu terkait alasan hadirnya umat secara berbondong-bondong untuk mendengarkan bahkan sampai anak-anak pun hadir.

"Ustadz selalu memakai kata-kata yang mudah dicerna, dekat dengan kepala mereka." terang Ustadz Somad menirukan jawaban dosen psikologi.

Jawaban itu, kata Ustadz Somad, merupakan alasan yang rasional mengapa ceramahnya selalu dihadiri ribuan jamaah. [Tarbawia]

Gabung ke Channel Telegram Tarbawia untuk dapatkan artikel/berita terbaru pilihan kami. Join ke Tarbawia



Diberdayakan oleh Blogger.