Rumah konsep pesanstren

Kyai Cholil Ridwan Ungkap Rahasia Kemenangan Jihad Politik

- Desember 15, 2018

Jakarta - Pembina Dewan Da'wah Islamiyah Indonesia, Kyai Cholil Ridwan mengatakan, jumlah umat Islam di Indonesia merupakan umat Islam terbesar di dunia. Ratusan ribu masjid dan pesantren telah dibangun sejak zaman kemerdekaan hingga sekarang. Namun, hal tersebut tak menjadi jaminan dapat memperbaiki kondisi bangsa Indonesia.




"Banyaknya ormas Islam, lembaga Islam, hafizh Qur'an, dan muballigh tidak menjadi jaminan. Doa? Di penghujung doa selalu kita panjatkan kebaikan di dunia dan akhirat. Apa yang dapat membawa perubahan? Ini menjadi renungan saya," ujar Kyai Cholil dalam talkshow 'Memenangkan Partai Bulan Bintang Dari Para Caleg Pro Ijtima Ulama' di Jakarta.


Kyai Cholil juga menjelaskan Alquran Surat Ar-Ra'd ayat 11 yang mengatakan bahwa Allah akan mengubah suatu kaum sesuai dengan ikhtiar dan perjuangan kaum tersebut. Ia menyampaikan perjuangan Rasulullah ketika menyebarkan risalah Islam secara kaffah, meski banyak intimidasi dan teror.




"Itulah yang ditakutkan kafirin Quraisy saat itu. Rasulullah membawa sistem ekonomi, politik, hukum dan lainnya berdasarkan Alquran. Di zaman Nabi Muhammad belum ada Mushaf Alquran, tetapi mereka hafal dan mengamalkan isinya. Urusan jihad mereka (Rasulullah dan sahabat) berada di depan karena mereka hafal dan faham," tuturnya.


Mengenai prinsip politik Islam, kata Kyai Cholil, seorang pimpinan partai politik harus mampu membawa nilai-nilai ideologis Islam. Selain itu, i'tikad baik dalam politik harus menjadi prioritas. Sebab, Allah akan mengganjar setiap perbuatan hamba-Nya tergantung niat.




"Dalam kehidupan ada aspek ekonomi, budaya dan politik. Karena itulah perbaiki niat dan keikhlasan. Jika kita niat benar, kita tidak akan pernah rugi dan kalah," ujarnya.


Jihad Politik Melalui Pileg


Dalam kesempatan yang sama, Sekum Persaudaran Alumni 212 Ustaz Bernard Abdul Jabar menuturkan, jihad merupakan perintah Allah Swt dalam Alquran baik dengan harta maupun jiwa raga. Menurutnya, jihad bukan hanya terpaku pada qital (peperangan), tetapi juga bagian menyeluruh dalam kehidupan manusia termasuk jihad siyasi (jihad politik).




"Iya karena ini sangat penting. Artinya, jihad bukan dimaknai secara sempit, tapi jihad dimaknai secara luas. Walaupun ada jihad yang paling besar. Tapi jihad untuk memaslahatkan dan memberikan kesejahteraan umat juga merupakan jihad siyasi," ujar Bernard.



Mengenai target Partai Bulan Bintang (PBB), ia mengatakan bahwa para kader dan seluruh komponen PBB terus berdoa dan berikhtiar untuk tembus parliamentary threshold (PT) 4%.

"Dilandasi dengan iman yang kuat dan keikhlasan yang tinggi, bukan semata-mata menginginkan duniawi, maka kita terus berusaha secara amal jam'i untuk memenangkan Pileg dan Pilpres," tandasnya.[Zuhdi]

Tarbawia
Bijak Bermedia, Hati Bahagia

Bergabung Untuk Dapatkan Berita/Artikel Terbaru:


Info Donasi/Iklan:

085691479667 (WA)
081391871737 (Telegram)



Advertisement


EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search