Tetangga Dunia Akherat

- Januari 28, 2019
Tetangga (ilustrasi)



TETANGGA DUNIA AKHERAT

Assalamualaikum warrahmatullahi wabarakatuh. Sahabat-sahahat bunda yang mencintai dan dicintai Allah azza wajalla. Pesan bunda kali ini bicara tentang memuliakan tetangga.




Tetangga menempati kedudukan yang tinggi dalam Islam. Islam memerintahkan ummatnya untuk memperlakukan tetangga dengan baik. Sehingga, tetangga bisa menjadi sebab surga atau neraka bagi seorang Muslim.

Nabi Muhammad Shallallahu 'Alaihi wa Sallam adalah orang yang paling baik sikapnya kepada para tetangga. Saking seringnya Nabi berwasiat tentang tetangga, para sahabat sempat mengira bahwa tetangga akan menjadi salah satu ahli waris. Bahkan Nabi Muhammad menyebutkan, sikap seseorang kepada tetangga menjadi parameter keimanan seorang Muslim.

Berkali-kali Nabi menyatakan, siapa yang beriman kepada Allah Ta'ala dan Hari Akhir hendaklah bersikap baik dengan memuliakan tetangga. Nabi juga memberikan ancaman dengan tidak mengakui sebagai ummatnya siapa pun yang berlaku tidak baik kepada tetangganya.

Sahabat Bunda, tetangga bisa menjadi jembatan bagi kita untuk menuju surga-Nya Allah. Tetangga juga menjadi harga mati bagi kita yang mendambakan kesuksesan dan kebahagiaan hidup di dunia.




Tak bisa ditawar, Sahabat Bunda. Di tengah kesibukan dan semakin egoisnya masyarakat perkotaan, kita harus senantiasa menjunjung tinggi dan mengamalkan sekuat tenaga anjuran-anjuran Islam tentang berbuat baik kepada tetangga.

Mulai dari menebar salam, kerap menyapa saat berjumpa, juga berbagi kebaikan-kebaikan materi juga maknawi kepada tetangga di sekitar rumah kita.

Seperti anjuran Nabi yang menyarankan para sahabat agar memperbanyak kuah saat memasak agar bisa dibagikan kepada tetangga, juga anjuran berbuat baik kepada manusia secara umum tanpa memandang suku, ras, agama, warna kulit, juga strata sosial.

Sahabat Bunda, mendoakan tetangga juga menjadi amalan penting. Karena doa untuk orang lain akan menjadi kebaikan pula untuk kita. Semoga lewat tulisan ini kita semakin menjadi manusia yang memuliakan tetangga. Serta menjalani sunnah-sunnah mulia Shalallahu alaihi wassallam.

"Ya Allah, masukkan kami sekeluarga juga tetangga-tetangga kami ke dalam surga-Mu. Berikan kami hidayah dan istiqomahkan hingga akhir hayat".

Salam untuk keluarga,
-Bunda Ermi-

------------------------------

Ikuti sejuknya Pesan Bunda Ermi lainnya di Channel TELEGRAM. Cukup klik:

https://t.me/SahabatBundaErmi

Yuk dukung gerakan #GerakanNasiBerkahJumat bareng Majelis Keluarga Indonesia pimpinan Babeh Haikal Hasan, bank Muamalat : (atm 147) 3010187415.
Jangan lupa kasih kode 02 di akhir angka transfer.


Tarbawia
Bijak Bermedia, Hati Bahagia

Bergabung Untuk Dapatkan Berita/Artikel Terbaru:


Info Donasi/Iklan:

085691479667 (WA)
081391871737 (Telegram)



Advertisement


EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search