Sebelum Lisan Berkomentar Tajam Soal Pembubaran Kajian di Aceh

- Juni 14, 2019


Setelah kejadian pembubaran Tabligh Akbar Ustad Firanda Andirja di Banda Aceh kemarin malam, saya yakin pasti akan banyak komen nyinyir dari netizen kurang akal yang ngaku pembela sunnah dari luar Aceh sana.

Mulai dari yang ngungkit musibah Tsunami akan kembali terjadi di Aceh, mendramatisir kejadian penolakan Ustadz Firanda dengan kisah penduduk Thaif yang menolak Rasulullah shalallahu alaihi wasallam, mengungkit bantuan Arab Saudi untuk masyarakat Aceh, dan lain lain.

Tolong sampaikan kepada mereka, bahwa Ustadz Adi Hidayat juga pernah menyampaikan Tabligh Akbar di tempat yang sama beberapa waktu lalu. Tidak ada penolakan dan pengajian berjalan sukses, bahkan jamaah sampai membludak ke luar masjid.

Mungkin mereka akan nyinyir, Ustadz Adi Hidayat kurang sunnah, lalu bagaimana jika saya beritahu bahwa Syaikh Dr. Adil As-Suba'iy, pejabat Kementerian Agama Arab Saudi baru-baru ini juga mengadakan Tabligh Akbar di Banda Aceh dengan aman dan sukses? Bahkan penerjemahnya adalah Farhan Abu Furaihan, tokoh utama "pembela Sunnah" (dalam tanda kutip).

Lebih sunnah mana antara Ustadz Firanda dan Syaikh Adil As-Suba'iy? Jadi sampai disini paham kan? Penolakan Ustadz Firanda lebih dari sekedar perkara penolakan atau pembelaan Sunnah. Semua pihak perlu muhasabah dan mawas diri.

Sebelum tajamnya lisan anda mulai mencerca tanpa tau persoalan, jangan lupa, sampai saat ini hanya Aceh satu-satunya Provinsi yang menjalankan syariat Islam di Indonesia. Jangan ringankan lisanmu menghujat seluruh kaum tanpa melihat kemuliaan mereka yang lain.

Satu lagi, yang mengikuti instruksi Ijtima' Ulama untuk memenangkan Prabowo-Sandi juga Aceh salah satunya. 02 menang lebih 80% di Aceh. Di saat yang sama segelintir da'i yang mengaku pembela Sunnah banyak yang malah nyebong dan mendiskreditkan 02 yang didukung Ijtima' Ulama.

Saya mencatat sebab tersendiri yang melatarbelakangi penolakan atas Ustadz Firanda. Selain karena dikaitkan dengan para da'i cebong berkedok Sunnah dan berlisan tajam, juga karena komentar Ustadz Firanda dalam hal-hal khilafiyah yang dianggap telah menyakiti hati kalangan Aswaja.

Antara lain, komentar beliau tentang kebiasaan mengayunkan kepala dalam berzikir sama seperti goyang disko. Juga pendapat beliau tentang Ayah dan Ibunda Rasulullah shalallahu alaihi wasallam yang dianggap menyakiti kalangan Aswaja.

Saya pribadi menyesalkan rumah Allah telah dinodai dengan kericuhan, perkelahian dan caci maki. Banyak cara lain menyelesaikan masalah dengan bijak dan ilmiah.

Semoga Allah memberikan ampunan untuk semua kesalahan dan dosa-dosa kita semua. [Fazel J. Haitamy]
Advertisement

8 komentar

avatar

Terus knp harus dibubarkann bukan nya islam mengajarkan musyawarah seperti dlu ustadz arifin ilham yg tabayun keustadz yazid jawas dan keadaan ga ricu

avatar

Sepertinya tulisan ini hanya ditujukan sepihak yakni kpd yg pro ust firanda, lantas mana komentar utk yg berbuat anarkis didalam masjid? Dalam video yg beredar luas bisa dilihat mana yg beradab dan mana yg munkar. Penulis harus adil dlm tulisannya. Barakallahu fiik

avatar

abu farhan dan gurunya, firanda,
sudah sering menghina ulama dan masyarakat Aceh.
surga milik mereka, yg lain masuk neraka

avatar

Sebelum berkomentartajam... Tajam kesiapa?.. Apanya yang tajam... Kalau ngusir pengajian sampai masuk kemasjid pakai sandal, tajam mana?, kalau ngusir mukul in orang, tajam mana?... Katanya TARBAWIA? Ingat, ketika mu disini akan dimintai pertanggung jawaban di hari kiamat, walaupun kamu hapus? KASIHANILAH DIRIMU, Seolah olah menengah, tapi jauh dari tengah tengah, bahkan korban jadi tersangka... KASIHANILAH DIRIMU HEY YANG NULIS INI... QUL TAROBBASHU FAIINNI MAAKUM MINAL MUTAROBBISHIIIN (KATAKAN WAHAI MUHAMMAD, TUNGGULAH, SESUNGGUHNYA, AKU BERSAMA KALIAN SEDANG MENUNGGU

avatar

Di kota lain yg tdk menjalankan syariat Islam ust firanda tdk pernah diusir spt ini. Ironis sekali di Aceh diperlakukan spt ini... Sesungguhnya ini mencoreng muka ulama2x Aceh sendiri..

avatar

Saya sedih, karna daerah yg saya junjung slama ini, ternyata terjadi hal spt ini, jiklah syari'at Islam tegak di Aceh, tak kan terjadi hal seperti itu

Cobalah Tabayyun, setiap org punya pemahaman dan khilafiyah, coba renungkan apa yg disampaikan ustadz Firanda itu salah apa benar?
Coba cari hadits atau mazhab siapa itu? Jadi tak melencenglah kajian itu

Mengenai ortu Rasulullah, itu ada hadits sohih nya, namun memang ada khilafiyah, jadi tak salah juga kan? Kecuali ustadz Firanda menyampaikan sesuatu tanpa referensi

Beliau pun tak pernah serta merta mengkafirkan, coba cari video pernyataan mengkafirkan umat Islam lainnya? Beliau hanya meluruskan, jika diterima silahkan, jika tidak silahkan juga

Sebaiknya berkomen itu dengan ilmu, jgn membawa nafsu dan syahwat

Kejadian pembubaran kmarin sgt menodai negeri serambi mekah yg katanya menegakkan syariat Islam

Telah banyak kemunduran kita sbg bangsa dan dalam beragama

Wallahu a'laam

avatar

Inilah fitnah.
Menang jadi arang.
Kalah jadi abu.
Masing-masing harus kembali kepada petunjuk para salaf di dalam menghadapi fitnah.
Yaitu: lebih banyak diam, menahan diri dari ikut menceburkan diri ke dalam kubangan fitnah, baik perbuatan maupun ucapan.
Semoga Allah menyatukan kaum muslimin di atas Islam dan Sunnah.
Aamiin.

avatar

Home › Sejarah › Wahabi . dutaislam.com
Syi’ah dan wahabi (Salafy di Indonesia atau yg mengaku sebagai manhaj salaf) adalah produk yahudi utk menghancurkan islam dari dalam. Telah banyak yang mengetahui kalau wahabi / salafy adalah bagian dari sekte yahudi.
https://www.dutaislam.com/2016/10/sejarawan-ini-sebut-wahabi-bagian-dari-sekte-yahudi
Sejarawan Yahudi bernama Ishaq bin Zafi Dalam buku Ensiklopedia Sekte-Sekte Yahudi, ia menulis bahwa paham wahabisme adalah salah satu sekte Yahudi..
ونشر اسحاق بن زفي الرئيس السابق للدولة اليهودية المغتصبة لفلسطين كتابا عن الدونمة بالعبرية وترجمه للانكليزية اليهودي اسحاق عبادي واصدرته دار النشر اليهودية في امريكا عام 57 واعيد طبعه مرة ثانية عام 1961
يقول : هناك طوائف دينية لاتزال تعتبر نفسها جزءا من بني اسرائيل واعضاء هذه الطوائف -- رغم اختلاف اسلوبهم عن مجموعة الشعب اليهودي -- استمروا على اقامة شعائر الدين اليهودي ومن هؤلاء طائفة السامريين ومنهم طائفة هامة اخرى هي طائفة الوهابية وهي مسلمة في الظاهر الا انها تقيم سرا الشعائر اليهودية
"Ishaq ibn Zafi (Yitzhak Ben Zvi), mantan presiden Negara Yahudi, penjajah Palestina, menerbitkan sebuah buku tentang Dunamah (salah satu Sekte Yahudi) dalam Bahasa Ibrani, lalu diterjemahkan ke dalam Bahasa Inggris oleh seorang berkebangsaan Yahudi bernama Yitzhak Abade. Buku terjemah ini diterbitkan Penerbit Yahudi di Amerika thn 1957. dicetak ulang thn 1961. Yitzhak Ben Zvi berkata:
Terdapat beberapa kelompok keagamaan yang senantiasa menganggap diri mereka bagian dari Bani Israel, meski ada perbedaan tradisi dengan Bangsa Yahudi mainstream, mereka secara terus menerus mempraktikkan syiar-syiar Agama Yahudi. Di antara kelompok2 itu adalah -Samiriyyun. Dan di antara mereka ada sebuah kelompok penting lain, yaitu Wahhabiyyah. Kelompok ini secara lahiriah muslim, tapi secara sembunyi2 mempraktekkan ritual-Yahudi."
Wahabi memiliki sifat yang sama dengan satu sekte nya, bangsa Yahudi, menghalalkan segala cara (meski dengan dalih sunnah), memfitnah, mengubah isi kitab kuning, menuduh orang lain kafir, syirik, sesat, bid'ah dll. Wahabi adalah nama yg disematkan oleh Sulaiman bin Abdul Wahab kepada saudaranya yakni Muhammad bin Abdul Wahab. Dalam kitab Tarikh Ibnu Khaldun dijelaskan bahwa :
وكان يزيد قد أذل الخوارج ومهد البلاد فكانت ساكنة أيام روح ، ورغب في موادعة عبد الوهاب بن رستم وكان من الوهبية فوادعه Abdul Wahhab bin Abdurrahman bin Rustum adalah pengikut Wahbiyyah. Pendirinya bernama Abdullah bin Wahbi Ar-Rasibi. http://www.muslimoderat.net/2015/09/abdul-wahhab-bin-rustum
Islam adalah copy paste dari Al-Qur’an dan Sunnah. Adapun dalam berfiqih mengikuti keempat madzhab atau salah satunya. Beraqidah ahlussunnah waljamaah asy'ariah ataupun maturidiah. Berthasawwuf seperti Al Ghazali ataupun Abdul Qodir Jaelani ataupun ulama-ulama thasawwuf yg telah masyhur. Shalat 5 wkt berjamaah di masjid bagi laki2 yg sdh baligh kecuali udzur. Yg wanita jg laksanakan sholat sendirian atau berjamaah dan tutup aurat. Jangan berpaham wihdatul wujud, jangan berpaham mu'tazilah, sekuralisme, kapitalisme, materialisme, komunisme, jangan menyembah kuburan serta perbuatan syirik lainnya, jangan mengikuti syi'ah, jangan mengikuti ibnu taimiyyah dan murid2nya yang musyabbih dan mujassim, jangan mengikuti Mr. Hempher (agen yahudi) dan muhammad bin abdul wahhab beserta murid2nya yang musyabbih dan mujassim plus khawarij, sekte yahudi berkedok ahlussunnah wal jamaah.
https://abuolifa.wordpress.com/2012/08/28/akidah-wahabi-salafi-menyerupai-akidah-yahudi
https://en.m.wikipedia.org/wiki/Memoirs_of_Mr._Hempher,_The_9_Spy_to_the_Middle_Eastala


EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search