Keren! Siswa SD Ini 'Taklukan' Merbabu dan Tadabbur Alam di Hari Kemerdekaan

- Agustus 18, 2019


Jakarta - Dalam rangka mensyukuri kemerdekaan ke-74 Republik Indonesia dan menadabburi alam ciptaan Tuhan, siswa SDIT Islamic City asal kota Tangerang, Fayyadh Qaishar Syafiq (11 Tahun) akhirnya menuntaskan ekspedisi pendakian ke gunung Merbabu di Boyolali Jawa Tengah.

Pendakian yang diwarnai aksi debu yang pekat ini berhasil dituntaskan di puncak Tringulasi dan Kenteng Songo pada ketinggian 3142 MDPL.

Peringatan hari kemerdekaan RI di atas puncak Merbabu berjalan dengan khidmat. Para pendaki yang datang dari berbagai wilayah melakukan upacara bendera di pos Sabana 1 hingga puncak teratas yang dikenal dengan puncak Kenteng Songo dan Tringulasi. Selain itu, para pendaki juga mengheningkan cipta untuk mengenang para pahlawan yang telah gugur dalam merebut kemerdekaan dari penjajah.

Fayyadh yang merupakan pelajar kelas 5 di SDIT Islami City, mengaku senang bisa merayakan hari kemerdekaan di alam pegunungan. Mendaki mengajarkannya untuk bekerja keras dalam mencapai tujuan hingga memanen keberhasilan.

"Lumayan letih karena jalan menuju puncak dari pos 1 hingga pos 3 jalannya penuh debu, tapi setelah itu pemandangan alamnya sangat luar biasa indah." kata Fayyadh.

Seperti diketahui, untuk mencapai puncak Merbabu perlu melewati beberapa pos. Yakni pos 1, 2, 3, pos sabana 1, pos sabana 2 hingga mencapai puncaknya.

Sementara itu, ayah Fayyadh yang ikut mendampingi mengatakan, setiap mendaki, mempunyai tantangan tersendiri. Mendaki Merbabu perlu extra hati-hati karena jalan berdebu, ketelitian dan semangat serta kesabaran yang tinggi.

"Masker dan kacamata serta topi diperlukan dalam pendakian untuk mengurangi debu yang sangat pekat," ujar ayah Fayyadh, Jaka.

Namun hal itu bukan menjadi rintangan demi mencapai puncak untuk merayakan hari ulang tahun RI dan memberikan pengalaman yang berharga untuk anaknya, Fayyadh.

Jaka berharap agar anak anak Indonesia semakin mencintai alam dan memiliki pengalaman spesial dalam menjelajah alam.

Sebelum ini, Fayyadh juga pernah melakukan pendakian di beberapa gunung. Diantaranya Gunung Gede, Cikurai, Puncak Lalana, Gunung Kencana di kawasan Jawa Barat. Sedangkan di Jawa Tengah, Fayyadh tunai mendaki Gunung Sumbing.

Di Provinsi tempatnya tinggal, Banten, Fayyadh juga pernah mendaki Gunung Karang yang terletak di Pandeglang. Sedangkan di luar negeri, Fayyadh pernah menginjakkan kakinya di puncak bersalju Gunung Ulludag, Turki. [Tarbawia]
Advertisement


EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search